Mengenal Lebih Dekat Tentang Kimia

Kalian lulusan SMA IPA? Tentunya sudah mengenal kimia dong. Tertarik dengan ilmu kimia? Sebelumnya, apakah kalian tahu apa itu perbedaan kimia murni dengan Teknik kimia dan Pendidikan kimia? Yuk, cus simak penjelasan dibawah ini…

Kimia murni merupakan suatu ilmu yang menyelidiki akan sifat serta struktur dari suatu zat, serta interaksi antara materi-materi penyusun zat. Mahasiswa kimia murni dituntut untuk menjadi perancang suatu produk, merumuskan reaksi yang terjadi di dalam proses kimia, melakukan uji coba dan memastikan kualitas dari bahan baku. Lulusan dari kimia murni ini akan mendapatkan gelar Sarjana Sains (S.Si) (rencanamu.id).

Kemudian Teknik kimia merupakan suatu ilmu yang mempelajari rekayasa kimia untuk menghasilkan produk yang bermanfaat bagi manusia. Lulusan dari Teknik kimia akan merancang prosesnya, berurusan dengan sistem kerja mesin dan tahap dari produksi. Lulusan dari Teknik kimia ini akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik (S.T).

Pendidikan kimia merupakan ilmu yang mempelajari cara-cara mengajarkan ilmu kimia di bidang akademi (sekolah). Keahlian lulusan ini sebagai pengajar atau guru. Lulusan dari Pendidikan kimia ini adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd).

Bagaimana? Kalian tertarik yang mana nih? Kalau kalian tertarik di kimia murni, tentunya di Universitas sebelas maret ini menyediakan program studi Kimia murni yang masuk ke dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Di kampus Universitas Sebelas Maret ini didirikan fakultas MIPA pada tahun 1996. FMIPA UNS didirikan berdasarkan SK Mendikbud tanggal 1 Oktober 1996, No. 0297/O/1996, yang terdiri dari jurusan Matematika, Fisika, Biologi dan Kimia. Program studi S1-Kimia UNS sudah terakreditasi A, sedangkan S2-Kimia terakreditasi B. Jurusan kimia ini memiliki visi “menjadi program studi yang unggul dalam riset dan mampu berkontribusi dalam pengembangan pengajaran kimia dan kesejahteraan manusia sampai dengan tingkat Internasional.” (kimia.mipa.uns.ac.id)

Lantas, apa saja sih yang dipelajari di Kimia Murni? Penasaran? Mata kuliah yang akan dipelajari selama 4 tahun atau 8 semester antara lain Kimia Dasar, Kimia Organik, Kimia Anorganik, Kimia Analitik, Kimia Fisik, Kemometri, Geokimia, Stereokimia, Elektrokimia, Pemisahan Kimia, Termodinamika Kimia, Spektroskopi Kimia, Kinetika Kimia, di antara mata kuliah tersebut, tentunya terdapat pula kegiatan di laboratorium (quipper.com).

Tentunya tidak itu saja yang dipelajari, masih banyak lagi mata kuliah umum dan mata kuliah pilihan yang dapat dipelajari di Kimia murni. Jika kalian penasaran mata kuliah apa saja yang dipelajari di Kimia UNS, kalian bisa melihatnya di web (ocw.uns.ac.id). Disana kalian dapat mengetahui mata kuliah yang akan dipelajari selama menempuh studi di Kimia UNS. 

Kemudian ini nih, yang pasti kalian tunggu-tunggu. Kalian pasti kepo dengan apa saja sih prospek kerja kimia murni? Program studi Kimia FMIPA UNS sejauh ini telah melahirkan sarjana kimia yang berkualitas. Hal ini terbukti bahwa lulusan Kimia FMIPA UNS mampu berperan dalam menjadi peneliti, tenaga pendidik, dan pegawai di Pertamina, BRI, LIPI, BPMIGAS, serta perusahaan swasta, dan masih banyak lagi. Hebat bukan??

Sementara itu, secara umum, lulusan program studi Kimia dapat menempati posisi sebagai quality control dan research and development dalam perusahaan kosmetik, tekstil, minyak dan gas, bahkan pertanian. Tenaga analis juga bisa menjadi sasaran ketika lulus nanti, bahkan analis produk narkotika milik Badan Narkotika Nasional. Selain itu tidak menutup kemungkinan menjadi bagian dari sektor perbankan, yaitu analis bagi perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan kimia yang ingin mengajukan kredit (quipper.com).

Bagaimana? Sudah yakin belum memilih kimia murni untuk lanjutan studi kalian? Sudah yakin untuk melanjutkan di kimia murni UNS? Pasti yakin dong.. banyak keuntungan buat kalian yang akan melanjutkan di kimia murni UNS. Karena S1-Kimia UNS sudah terakreditasi A, memiliki banyak laboratorium yang mewadai, dan fasilitas-fasilitas lainnya yang sangat mewadai untuk mendukung proses belajar mengajar. Dan pastinya prospek kerja kimia murni sangatlah luas. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk daftar Kimia Murni UNS..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *