[PRESS RELEASE] HIMAMIA MENGABDI “ASPIRIN”

Dokumentasi Penyaluran Donasi Himamia Mengabdi 2020

Kegiatan HIMAMIA Mengabdi dilaksanakan dalam bentuk rangkaian acara berupa kelas online dan penyuluhan mingguan, penyuluhan puncak, serta donasi untuk desa Ngringo. Rangkaian acara pertama yaitu kelas online yang diadakan pada hari Senin-Jumat tanggal 17 Agustus-11 September 2020 melalui WhatsApp Group. Kegiatan ini diikuti oleh siswa SD dan SMP dengan rata-rata setiap harinya terdapat 4-7 siswa dari 24 peserta yang mengikuti kelas online. Kelas online dimulai dengan mengirim link presensi dan pembukaan pada pukul 14.00 WIB oleh penanggung jawab masing-masing. Kegiatan selanjutnya yaitu penyampaian materi dan diskusi pekerjaan rumah (PR) hingga pukul 15.00 WIB. Selanjutnya diberikan waktu untuk istirahat dan sholat sampai pukul 15.30 WIB. Setelah itu dilakukan kembali penyampaian materi dan diskusi pekerjaan rumah (PR) hingga pukul 17.00 WIB. Kemudian kegiatan diakhiri pada pukul 17.00 WIB. Selama keberjalanan pengajaran antusiasme siswa  masih kurang ditandai dengan sedikitnya respon siswa di grup, dan juga siswa dirasa masih malu untuk menanyakan soal secara langsung di grup. Sehingga tidak sedikit yang bertanya melalui personal chat kepada panitia. Akan tetapi, pada tanggal 31 Agustus-11 September 2020 diadakan  perubahan jadwal kelas online karena sudah memasuki waktu perkuliahan. Sehingga kelas online dimulai pada pukul 19.00-21.00 WIB.  Sistem pembelajaran di minggu ke-empat juga diubah dengan mengemas pelajaran dalam bentuk games. Sebagai contoh untuk pelajaran bahasa inggris dibuat games menemukan kata berbahasa inggris, untuk pelajaran matematika dilakukan tebak tebakan hitungan, dll.

Untuk penyuluhan  mingguan diikuti oleh warga sebanyak 25 orang dan  dilakukan selama 3 kali dengan membagikan foto dan video melalui Instagram dan WhatsApp Group. Penyuluhan minggu ke-1 dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2020 dengan tema ‘Pentingnya Menggunakan Masker’. Penyuluhan minggu ke-2 dilakukan pada tanggal 30 Agustus 2020 dengan tema ‘Menghadapi New Normal’. Dan penyuluhan minggu ke-3 dilaksanakan pada tanggal 6 September 2020 dengan tema ‘Adaptasi Kebiasaan Baru’.

Rangkaian acara kedua yaitu penyuluhan puncak kepada warga Desa Ngringo melalui WhatsApp Group pada tanggal 13 September 2020 yang diikuti oleh warga Desa Ngringo sebanyak 25 orang. Acara dimulai dengan mengisi presensi dan pembukaan oleh Nurcholisa Ramadhani sebagai pembawa acara pada pukul 09.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia yaitu Nandy Isamu Hendrayana pada pukul 09.05 WIB. Sambutan berikutnya disampaikan oleh Ketua Umum HIMAMIA yaitu Abdul Hafizh Arif Arafi pada pukul 09.10 WIB. Selanjutnya sambutan dari Kepala Program Studi Kimia FMIPA UNS yaitu Dr. Abu Masykur, S.Si., M.Si. pada pukul 09.15 WIB. Kemudian sambutan dari Ketua RT Desa Ngringo pada pukul 09.15 WIB. Dan sambutan terakhir yang disampaikan oleh Ketua RW Desa Ngringo pada pukul 09.25 WIB. Acara selanjutnya yaitu penyampaian materi mengenai Covid-19 dan sesi tanya jawab oleh Dian Nugroho, dr., M.Med.Ed. pada pukul 09.30 WIB. Kemudian penyampaian materi kedua mengenai bisnis dikala pandemi dan sesi tanya jawab oleh Dr. I.F. Nurcahyo, S.Si., M.Si. pada pukul 10.15 WIB. Selanjutnya dilakukan penutupan acara dan dokumentasi kegiatan berupa screenshoot pesan pada pukul 11.00 WIB. Tetapi dalam pelaksanaannya acara ini mundur dari jam yang telah ditentukan yaitu berakhir pada pukul 11.30 WIB.

Rangkaian acara terakhir yaitu penyaluran donasi kepada desa yang terdampak Covid-19 yakni Desa Ngringo berupa sembako sejumlah 50 bungkus. Acara dimulai dengan persiapan menuju Desa Ngringo pada pukul 15.00 WIB. Kemudian dilakukan perjalanan menuju Desa Ngringo pada pukul 15.30 WIB. Selanjutnya perkenalan dengan Ketua RT dan RW Desa Ngringo pada pukul 16.25 WIB. Acara selanjutnya yaitu pembagian sembako yang diserahkan secara langsung ke rumah warga Desa Ngringo pada pukul 17.00 WIB. Kemudian diakhiri dengan penutupan pada pukul 17.50 WIB. Pada tanggal 26 September 2020  dilakukan penyaluran handsantizer sebanyak 7 buah oleh perwakilan panitia HIMAMIA  Mengabdi ke ibu RT 05 Desa Ngringo pukul  08.00 WIB. Ada sedikit kendala dalam penyaluran handsanitizer ini, yakni keterbatasan panitia yang ada di Solo sehingga perwakilan panitia yang menyalurkan hanya seorang diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *