Kuliah Sambil Kerja, Kenapa TIDAK??

Kata orang, kuliah jangan cuma kuliah, jangan cuma sekadar belajar mata kuliah. Setelah kemarin kita bahas kuliah sambil berorganisasi, kali ini ada mahasiswa Kimia UNS yang kuliah sambil kerja. Belum lulus kuliah, tetapi udah kerja. Mantab banget bukan? Yuk-yuk, simak artikel kali ini!

Kali ini bersama M. Zola Erlangga yang biasa dipanggil Zola ini merupakan mahasiswa semester 5 yang kini menjalani kuliahnya sambil bekerja. Awal pertama kali masuk ke dunia kerja, Zola menjadi penjaga outlet es krim di sebuah mall di Solo, sedangkan yang sekarang sedang ia tekuni adalah freelance sebagai wedding organizer dan barista. Pada awalnya Zola berpikir untuk bekerja yang penting dapat uang, tapi sekarang justru berubah pikiran karena menurutnya seru karena bisa bertemu banyak orang yang punya achievement di bidang masing-masing. Bisa bertemu customer yang kerja di perusahaan besar dan punya cerita menarik di balik kesuksesannya. Hal inilah yang menjadi sisi menarik dari bekerja menurut Zola. Selain itu, mengubah mindsetnya yang dulu bekerja untuk mencari uang, sekarang juga untuk mencari ilmu dan relasi.

Tentunya bekerja juga butuh akan perjuangan. Saat menjadi barista, Zola harus belajar dahulu cara membuat kopi. Cara belajar Zola dengan sharing bersama temannya yang telah berpengalaman, nonton melalui Youtube, Instagram ataupun media yang lainnya. “Sharing sama temen, dari Youtube, Instagram atau apapun yang bisa dipelajari” cerita Zola.

Selama menjadi barista, banyak ilmu yang Zola dapatkan, mulai dari ilmu tentang dunia kopi, ilmu managemen kopi, dan ilmu mengenai resep kopi. Sementara itu, ilmu yang Zola dapat selama menjadi wedding organizer yaitu, cara memberikan service untuk orang lain dan bagaimana tetap menjaga mood baik meskipun di belakang layar ada masalah lain, serta ilmu bagaimana agar tidak mudah panik saat menghadapi sesuatu. Ilmu-ilmu tersebut menurutnya sederhana, namun sangat berguna

Kuliah sambil bekerja tentunya ada pembagian antara keduanya. Cara membagi waktu untuk kuliah dan bekerja menurut Zola yaitu, tugas kuliah dikerjakan di waktu senggang, karena jika waktunya dibagi-bagi akan menjadi tidak fokus ketika tiba-tiba ada orderan. Menurutnya, Zola hanya perlu melakukan yang terbaik untuk semua tugas dan masalahnya, karena apa yang menjadi milik kita tidak akan tertukar. “Yang penting itu “do the best“. Semua yang sudah jadi milik kita, gak bakal dimilikin orang lain. Doi sekalipun, hahaha” ungkap Zola.

Menjalani kuliah sambil bekerja tentunya ada perasaan jenuh dan lelah. Namun, itu semua dapat diatasi Zola dengan menenangkan pikiran, misalnya dengan mengelilingi Solo. “Jenuh karena haus akan ilmu iyaa, capek fisik iya. Tapi itu bisa kok disehatin dengan menenangkan pikiran, muterin solo aja udah cukup” kata Zola. Seorang Zola ini cukup tenang dalam menghadapi masalah yang menimpanya. Menurutnya masalah pasti akan ada terus, tinggal kita jalani saja. “Sederhananya gini lhoo, ujian itu udah pasti adanya, yang penting lakuin persiapannya. Masalah pun juga gitu, selalu ada, gak mungkin engga ada. Yaudah balik lagi ke pikiran tadi, menganggap itu masalah biasa atau luar biasa” tambah Zola.

Mikirin masalah mulu, nggak akan ada habisnya. Kita juga perlu meluangkan waktu untuk yang lainnya. Misalnya meluangkan waktu untuk hobi kita. Disela-sela kesibukannya Zola juga masih sempat untuk melakukan hobi. Karena sesibuk apapun, hobi pasti akan dilakukan. Dalam hal ini, Zola memiliki hobi membuat konten, fotografi dan design yang bagus-bagus dan menarik. Penasaran? Bisa nih, langsung mampir ke instagram Zola.

Sudah sampai dipenghujung cerita nih, rasanya kurang lengkap kalau belum ada pesan special dari orang yang special. “Do the best buat segala hal yang kalian lakukan dalam berproses meraih asa. Asa tiap orang berbeda, jadi prosesnya pun gak selalu sama. Mimpi kalian sendiri yang tentukan, proses kalian sendiri yang jalani, resiko kalian sendiri yang tanggung. Cuman gak ada salahnya buat kalian mencari orang yang punya asa sama biar kalian gak sendiri dan gak ada salahnya mencari motivasi buat semuanya” Pesan hangat Zola. Semoga kita semua bisa menggapai mimpi kita dengan cara kita masing-masing. Sepertinya kami harus pamit dulu, bye bye readers.. sampai jumpa di artikel selanjutnya!!

Oleh:

Desy Nila Rahmana (M0319016)

Nisrina Rahma Firdausi (M0319054)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *