[PRESS RELEASE] Acara Puncak Afinitas 2020

Dokumentasi acara puncak Afinitas 2020 pada hari pertama

Acara puncak AFINITAS hari pertama dilaksanakan pada hari Sabtu, 31 Oktober 2020. Kegiatan dimulai pukul 07.30 WIB dengan dilakukan pengondisian selama 30 menit, yakni untuk mempersiapkan room dan peserta mulai memasuki room. Tepat pukul 08.00 WIB, MC membuka acara puncak AFINITAS 2020 hari pertama dan dilanjutkan dengan penyampaian sambutan. MC akan mempersilahkan Ketua Panitia AFINITAS, Anjar Sahyana, Ketua Umum HIMAMIA FMIPA UNS, A. Hafiz Arif Arafi, Pembina HIMAMIA FMIPA UNS, Dr. Edi Pramono, S.Si., M.Si., dan Kepala Program Studi Kimia FMIPA UNS, Dr. Abu Masykur, S.Si., M.Si., untuk menyampaikan sambutan-sambutannya. Setelah itu, acara dilanjutkan ke sesi Webinar yang dimulai dengan pengenalan moderator oleh MC dengan pembacaan CV moderator pada pukul 08.50 WIB. Selanjutnya, moderator, Reza Zatadini, mengambil alih acara dan memperkenalkan pemateri webinar dengan pembacaan CV pemateri. Materi webinar disampaikan oleh saudara Ozi Adi Saputra, S.Si., M.Si., alumni Kimia FMIPA UNS, dengan materi “Personal Branding”. Materi disampaikan selama 40 menit sejak pukul 09.00 WIB. Kemudian dilakukan sesi tanya jawab selama 15 menit, ada 3 orang penanya. Sesi webinar diakhiri dengan pemberian sertifikat pembicara kepada pemateri sambil dilakukan pendokumentasian.

Selanjutnya, kendali acara diambil alih oleh MC utama untuk dilanjutkan ke sesi berikutnya, yakni Sarasehan. Sesi ini merupakan sesi diskusi bersama dengan kakak tingkat dan alumni, yang dimulai dengan MC mempersilahkan Ketua Panitia, Koordinator Alumni, dan Koordinator Tingkat untuk melakukan pembukaan. Pukul 10.35 WIB, peserta, yakni mahasiswa angkatan 2020, memperkenalkan diri dengan menayangkan video perkenalan diri. Lalu, dilakukan sesi diskusi bebas antara peserta, kakak tingkat, dan alumni selama 40 menit dimulai dari pukul 10.50 WIB. Untuk memaksimalkan sesi diskusi, peserta, kakak tingkat, dan alumni dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan berdiskusi pada room terpisah. Sesi ini berlangsung sampai pukul 12.15 WIB dengan pembahasan yang terbatas pada perkuliahan dan organisasi. Kemudian, kelompok-kelompok tersebut akan dikembalikan ke room utama untuk dilakukan penutupan sementara karena acara akan dijeda dari pukul 12.30 – 13.00 WIB untuk istirahat makan siang sekaligus mempersilahkan kakak tingkat dan alumni untuk meninggalkan room.

Peserta kembali masuk ke room pada sekitar pukul 13.00 – 13.05 WIB. Setelah itu, MC akan menjelaskan mengenai sesi selanjutnya, yakni FGD Kakak Pembimbing atau diskusi bersama kakak pembimbing. Peserta dibagi ke beberapa room kecil sesuai dengan kakak pembimbingnya. Dalam sesi ini, peserta berdiskusi dengan kakak pembimbing mengenai kesan dan pesan selama keberjalanan acara AFINITAS ini selama 25 menit. Selanjutnya, peserta akan masuk lagi ke room utama untuk melakukan perpisahan dengan kakak pembimbing sekaligus melakukan dokumentasi. Acara puncak AFINITAS hari pertama ini ditutup pada pukul 14.20 WIB oleh MC.

Dokumentasi acara puncak Afinitas 2020 pada hari kedua

Acara puncak AFINITAS dilanjutkan pada hari Minggu, 1 November 2020. Acara dimulai pukul 07.30 WIB dengan dilakukan pengondisian dan peserrta mulai memasuki room. Pukul 08.00 WIB, MC melakukan pembukaan dan dilanjutkan dengan pembagian peserta ke 9 kelompok kecil untuk melakukan games. Sesi games ini dimulai pukul 08.30 – 11.35 WIB dengan melakukan 3 jenis games. Pertama, Guess the Song, yakni permainan dimana setiap kelompok menebak judul lagu dari potongan lirik yang disampaikan. Permainan dilakukan dalam 3 sesi dan dalam satu sesi ada 3 kelompok yang bermain. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan 1 sesi adalah 45 menit. Permainan ini dipandu saudara Lufti Wijanarko dan saudara Fikri Al Fathu Diputra, selaku trainer. Sesi 1 dimainkan oleh kelompok 1, 2, dan 3 yang dimenangkan oleh kelompok 1. Sesi 2 dimainkan oleh kelompok 5, 7, dan 9 yang dimenangkan oleh kelompok 9. Sesi 3 dimainkan oleh kelompok 4, 6, dan 8 yang dimenangkan oleh kelompok 6. Kedua, Finding Stuff, yaknipermainan dimana setiap anggota kelompok akan mengambil kelompok barang sesuai yang telah dipilih di rumah masing-masing, kelompok yang mengambil tercepat dan terlengkap akan menjadi pemenangnya. Permainan ini menekankan pada rasa rela berkorban, kerjasama, dan kekeluargaan. Seperti permainan sebelumna, permainan ini juga dilakukan dalam 3 sesi dan dalam satu sesi ada 3 kelompok yang bermain. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan 1 sesi adalah 45 menit. Trainer yang memandu permainan ini adalah saudara Ilham Tri Utomo. Sesi 1 dimainkan oleh kelompok 4, 5, dan 6 yang dimenangkan oleh kelompok 6. Sesi 2 dimainkan oleh kelompok 1, 3, dan 8 yang dimenangkan oleh kelompok 1. Sesi 3 dimainkan oleh kelompok 2, 7, dan 9 yang dimenangkan oleh kelompok 7. Terakhir, Lomba Cerdas Cermat, dimana setiap kelompok harus menjawab pertanyaan yang diberikan  sebanyak 5 pertanyaan wajib dan 5 pertanyaan rebutan. Permainan dilakukan dalam 3 sesi dan dalam satu sesi ada 3 kelompok yang bermain. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan 1 sesi adalah 45 menit. Permainan ini dipandu saudara Abdurrazzaq Ahmad El Yumin dan saudara Muhammad Naufal Ariesta, selaku trainer. Sesi 1 dimainkan oleh kelompok 7, 8, dan 9 yang dimenangkan oleh kelompok 9. Sesi 2 dimainkan oleh kelompok 2, 4, 6 yang dimenangkan oleh kelompok 2. Sesi 3 dimainkan oleh kelompok 1, 3, dan 5 yang dimenangkan oleh kelompok 1. Setelah itu, MC akan melakukan penutupan sementara karena acara akan dijeda istirahat makan siang pada pukul 11.45 – 12.30 WIB.

Peserta kembali memasuki room pada pukul 12.30 – 12.40 WIB, dan dilanjutkan dengan penayangan video penampilan dari mahasiswa Kimia 2020. Selanjutnya, dilakukan pelantikan mahasiswa baru yang menandai diterima mahasiswa baru menjadi bagian keluarga besar mahasiswa Kimia FMIPA UNS 2020. Pelantikan ini diawali dengan pemberian greeting card oleh panitia, sebagai tanda ucapan selamat atas diterimanya mahasiswa baru ke dalam keluarga besar mahasiswa Kimia FMIPA UNS, dan pembacaan narasi pelantikan mahasiswa baru oleh Ketua Umum HIMAMIA FMIPA UNS, A. Hafiz Arif Arafi. Selanjutnya, MC melakukan penutupan pada pukul 13.30 WIB dan diakhir dengan foto bersama yang menandai berakhirnya rangkaian kegiatan AFINITAS 2020.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *