Fakta dan Manfaat Air Laut

Gambar 1. Air laut dari Pantai Manganti, Kebumen, Jawa Tengah. Sumber : merdeka.com

Laut adalah kumpulan air asin yang sangat banyak dan luas di permukaan bumi ini, laut juga dimanfaatkan oleh manusia sebagai alat mata pencaharian mereka atau penduduk nelayan sekitarnya. 

Laut merupakan sumber yang kaya akan berbagai elemen kimia yang penting. Sebagian besar magnesium dan bromin di dunia dihasilkan dari laut. Di beberapa bagian dunia, natrium klorida (garam meja) masih diperoleh dengan cara menguapkan air laut. 

Air laut adalah larutan yang memiliki kandungan berbagai garam-garaman. Unsur kimia yang tergabung dalam larutan air laut meliputi Khlor (Cl) 55%, Natrium (Na) 31%, kemudian Magnesium (Mg),Kalsium (Ca), Belerang (S), dan Kalium (K). Selain itu, dalam jumlah kecil terdapat juga Bromium (Br), Karbon (C), Strontium (Sr), Barium (Ba), Silikon (Si), dan Fluorium (F). Kandungan air laut juga terdiri dari berbagai gas seperti Oksigen (O2) dan gas asam arang (CO2) yang merupakan kebutuhan vital bagi kehidupan vegetasi dan hewan laut. Bentuk kandungan garam-garaman air laut dikenal dengan sebutan kadar garam atau salinitas. Kadar garam air laut yang normal ialah 3,5%. Air dari laut, ketika dihilangkan garamnya, dapat memberikan pasokan air minum yang tidak terbatas. Ada sejumlah fakta menarik lain mengenai air laut yang dapat dikupas satu per satu, diantaranya yaitu :

  1. Air laut kaya akan zat kimia penting. Air laut terbentuk dari ion-ion seperti klorida (Cl-), natrium (Na+), sulfat (SO42-), magnesium (Mg2+), kalsium (Ca+), dan kalium (K+) dimana apabila dijumlahkan ion-ion ini membentuk 99% garam laut.
  2. Bukan penghasil garam. Laut bukanlah penghasil garam yang sebenarnya dimana garam pada awalnya terbentuk di sungai ataupun danau. Air garam yang dihasilkan oleh sungai ataupun danau kemudian mengalir menuju laut dan membawa kandungan garam dari air hujan, teori ini dikemukakan oleh Sir Edmond Halley pada tahun 1715. Garam yang dikandung oleh aliran sungai dan danau setelah mencapai lautan akan terkonsentrasi dan dipertahankan saat terjadi proses penguapan air.
  3. Konsentrasi berbeda tiap larutan. Tidak semua lautan memiliki konsentrasi yang sama, hal ini dapat disebabkan adanya pengaruh suplai air tawar dari sungai maupun danau yang akan mempengaruhi kadar mineral dan garam pada lautan .
  4. Memiliki tekanan yang mematikan. Semakin dalam lautan diselami maka akan semakin besar tekanan yang diberikan, hal ini dapat menyebabkan terjadinya muntah darah akibat paru-paru yang tertekan oleh tekanan laut dalam.
  5. Hanya menghasilkan 3.5% garam. Rata-rata kadar garam yang dihasilkan oleh lautan diseluruh dunia berkisar sebanyak 3.5%, dimana dapat berarti bahwa untuk setiap 1 liter air laut akan mengandung 35 gram garam.

Selain fakta diatas air laut juga memiliki banyak manfaat, diantaranya yaitu:

  1. Mengobati masalah kulit. Adanya kandungan mineral seperti magnesium (Mg2+), kalsium (Ca2+), dan kalium (K+) memberikan dampak positif pada tubuh, karena mineral tersebut mampu menyerap racun, bakteri, dan mengobati infeksi serta mendorong proses penyembuhan. Selain itu, garam juga berperan dalam mengatur produksi minyak agar tidak menyebabkan pori-pori tersumbat. Sedangkan magnesium berperan sebagai mineral anti-inflamasi dan anti mikroba yang dapat membantu mengurangi rasa gatal, menarik uap bakteri dan jamur penyebab eksim serta menghambat perkembangannya.
  2. Menjadi sumber energi baru. Terdapat sebuah penelitian yang menyatakan bahwa gelombang air laut dapat digunakan sebagai sumber energi baru dengan memanfaatkan air laut untuk memutar turbin listrik dimana turbin tersebut akan menghasilkan energi.
  3. Mengatasi insomnia. Terdapat beberapa penelitian yang menyatakan bahwa air laut akan membantu penderita insomnia mendapatkan kualitas tidur yang baik, hal ini dapat terjadi karena air laut mengandung banyak oksigen yang dapat memperlancar peredaran darah dan membuat otak menjadi rileks.
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh. Air laut juga dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kekebalan tubuh, hal ini dapat terjadi karena air laut mengandung banyak ion dan mineral yang akan membuang racun dalam tubuh, melancarkan peredaran darah, dan mengembalikan stamina.

Jadi, selain memiliki segudang kandungan kimia dan manfaat yang banyak, air laut juga memiliki beberapa fakta menarik yang luar biasa seperti yang telah diuraikan di atas. Bagaimana penjelasan tentang fakta dan manfaat air laut di atas? Sangat menarik, bukan? Demikian deskripsi dari kami, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Referensi

Buku dan Jurnal:

Haji, A. 2018. Kajian ekosistem perairan laut terhadap potensi budidaya perikanan. Jurnal penelitian. 2(5): 1-12

Website:

https://www.google.com/amp/s/www.futuready.com/artikel/health/air-laut/amp/

http://eprints.polsri.ac.id/1869/3/3.%20BAB%20II%20Nana.pdf

Dibuat oleh:

  1. Auliya Maharani Lazuardi (Kimia 2020)
  2. Nova Septi Widyaning Putri (Kimia 2020)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *