Reaksi Kimia Baru Terdeteksi di Mars

Bentuk Permukaan Mars. Sumber: idntimes.com

Para ahli menemukan reaksi kimia di atmosfer Mars yang sebelumnya belum pernah terdeteksi. Untuk pertama kalinya, pengorbit ExoMars mengambil sampel dari hidrogen klorida Menurut Kelvin Olsen, seorang fisikawan dari Universitas Oxford mengatakan bahwa hydrogen klorida adalah senyawa kimia yang ditemukan untuk pertama kalinya di Mars yang mana merupakan deteksi pertama gas halogen dan menjadi pemahaman siklus kimia baru. Hidrogen klorida memiliki warna yang bervariasi dari tidak berwarna hingga kuning muda. Perbedaan warna ini tergantung pada kemurniannya.

Hidrogen klorida (HCl) , merupakan senyawa dari unsur hidrogen dan klor , merupakan gas pada suhu dan tekanan kamar. Larutan gas dalam air disebutasam klorida .Hidrogen klorida dapat dibentuk dengan kombinasi langsung gas klor (Cl2 ) dan gas hidrogen (H2 ), reaksinya cepat pada suhu di atas 250 ° C (482 ° F). Reaksi, yang diwakili oleh persamaan H 2 + Cl 2 → 2HCl, disertai dengan evolusi panas dan tampaknya dipercepat oleh kelembapan. Hidrogen klorida umumnya dibuat baik di laboratorium maupun di skala industri dengan reaksi klorida, umumnya natrium (NaCl), dengan asam sulfat (H 2 SO 4 ). Ini juga dihasilkan oleh reaksi beberapa klorida (misalnya, fosfor triklorida, PCl 3 , atau ionil klorida, SOCl 2) dengan air dan sebagai produk sampingan dari klorinasi banyak zat organik (misalnya, metana atau benzena).

Iritasi Kulit Akibat Asam Klorida. Sumber: sehatq.com

Hidrogen klorida mengiritasi dan korosif pada jaringan apa pun kontak. Paparan singkat ke tingkat rendah menyebabkan tenggorokan gangguan. Paparan ke tingkat yang lebih tinggi dapat mengakibatkan gangguan pernapasan, penyempitan bronkiolus, warna biru pada kulit, penumpukan cairan di paru-paru, dan bahkan kematian. Paparan ke tingkat yang lebih tinggi dapat menyebabkan pembengkakan dan kejang dari tenggorokan dan mati lemas. Beberapa orang mungkin mengembangkan reaksi inflamasi terhadap hidrogen klorida. Keadaan ini disebut sindrom disfungsi saluran udara reaktif (RADS), a jenis asma yang disebabkan oleh beberapa iritasi atau korosif zat. Tergantung pada konsentrasinya, hidrogen klorida dapat dihasilkan dari iritasi ringan hingga luka bakar parah pada mata dan kulit. Paparan jangka panjang ke tingkat rendah dapat menyebabkan pernapasan masalah, iritasi mata dan kulit, dan perubahan warna pada gigi.

Pelapisan Logam. Sumber: Guraru.org

Hidrogen klorida memiliki banyak kegunaan, termasuk pembersihan, pengawetan, pelapisan logam, penyamakan kulit, dan pemurnian dan produksi berbagai macam produk. Hidrogen klorida dapat terbentuk selama pembakaran banyak plastik. Setelah kontak dengan air, ia membentuk asam klorida. Hal ini disebabkan karena atom hidrogen bermuatan positif yang sangat reaktif dan bertanggung jawab atas semua asam yang berperilaku hampir sama. Karena semua atom hidrogen dalam hidrogen klorida diubah menjadi ion hidrogen, asam klorida disebut asam kuat. Asam nitrat dan asam sulfat adalah contoh lain dari asam kuat.

Siklus Klorida di Mars. Sumber: Suara.com

Sejak Mars dipastikan aktif secara vulkanik, para ilmuwan mengamati gas yang mengandung klorin di atmosfer Mars. Akan tetapi, apabila hidrogen klorida dihasilkan oleh aktivitas vulkanik, seharusnya lonjakan hanya terjadi secara regional dan disertai dengan gas vulkanik lainnya. Anehnya, hidrogen klorida yang terdeteksi di Mars tidak menunjukkan hal tersebut, sehingga menimbulkan asumsi bahwa gas tersebut diproduksi dari aktivitas lain.

Para ahli kemudian dapat memahami peristiwa tersebut karena kejadian serupa juga ada di Bumi. Reaksi ini memerlukan beberapa bahan utama, misalnya natrium klorida sisa proses penguapan. Natrium klorida memiliki rumus kimia yaitu NaCl da bersifat larut dalam air. Natrium klorida merupakan senyawa yang berwujud padat bentuk kristal dan berwarna putih. Natrium klorida merupakan senyawa ionik karena adanya ikatan antara logam natrium dengan non logam  klorin. Natrium klorida, didalam air dapat terion menjadi ion ion penyusunnya. Natrium Klorida mempunyai ikatan ionik yang terbentuk karena kecenderungan atom menangkap/ melepas electron agar tercapai kongfigurasi gas mulia. Natrium sebagai atom logam(37; 38) cenderung melepaskan electron dan menjadi ion positif sedangkan atom klorin,cenderung.  menagkap elektron dan menjadi ion negatif. Natrium memiliki nomor atom 11, untuk stabil, natrium melepaskan 1 elektron pada kulit terluarnya. Sedangkan klorin memiliki nomor atom 17, untuk stabil klorin menangkap 1 elektron dari atom lain.

Kemudian perlu kita ketahui bahwa ada lapisan es kutub Mars yang akan menyublim jika dihangatkan selama musim panas. Ketika uap air yang dihasilkan bercampur dengan natrium klorida, reaksi tersebut akan melepaskan klorin dan bereaksi lebih lanjut untuk membentuk hidrogen klorida.

“Kami juga mengamati korelasi dengan debu. Kami melihat lebih banyak hidrogen klorida ketika aktivitas debu meningkat, proses yang terkait dengan pemanasan musiman di belahan selatan,” tambah Olsen. Penelitian yang telah dipublikasikan di Science Advances, model tersebut didukung oleh deteksi hidrogen klorida selama musim berdebu 2019 dan badai pasir pada 2018 di Mars.

Penelitian Air di Mars. Sumber: Suara.com

Namun, para ahli harus mengonfirmasi lebih lanjut. Pengamatan di masa depan dan yang sedang berlangsung akan membantu mengumpulkan gambaran yang lebih komprehensif dari siklus proses tersebut.

Referensi

Jurnal:

  1. Hidayati, R., & Zainul, R. (2019). Studi Termodinamika Transpor Ionik Natrium Klorida Dalam Air dan Campuran Tertentu .
  2. Yurida, M., Afriani, E., & Arita, S. (2013). Pengaruh Kandungan CaO dari Jenis Adsorben Semen Terhadap Kemurnian Gliserol. Jurnal Teknik Kimia, 19(2)1-20.

Laman Daring:

  1. https://delphipages.live/id/ilmu/kimia/hydrogen-chloride
  2. https://www.encyclopedia.com/history/biographies/ancient-history-northern-europe-biographies/hydrogen-chloride
  3. https://jatim.idntimes.com/science/discovery/abraham-herdyanto/gambaran-jika-hidup-di-mars-regional-jatim
  4. https://www.sehatq.com/artikel/pertolongan-pertama-luka-bakar-percikan-asam-klorida
  5. https://guraru.org/guru-berbagi/pelapisan-logam-ocp-galvanis/
  6. https://www.suara.com/tekno/2021/02/12/170000/pertama-kali-terlihat-reaksi-kimia-baru-terdeteksi-di-mars?page=all

Dibuat oleh:

  1. Auliya Maharani Lazuardi, (Kimia, 2020)
  2. Nova Septi Widyaning Putri, (Kimia, 2020)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *