[PRESS RELEASE] HIMAMIA MENGABDI 2021

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-Nya sehingga kami mampu melaksanakan kegiatan HIMAMIA Mengabdi pada tahun ini.

Program kerja HIMAMIA Mengabdi dilaksanakan dalam bentuk rangkaian acara berupa sarasehan, penyuluhan, pengajaran, dan donasi yang berupa pembagian sembako. Kegiatan ini mengangkat tema Sakarida (Aksi Nyata HIMAMIA untuk Generasi Muda). Kegiatan sarasehan dilaksanakan pada 21 Agustus 2021 di rumah salah satu warga Dusun Watuireng. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 19.30 WIB dan dihadiri oleh perangkat Dusun Watuireng serta perwakilan anggota karang taruna yang berjumlah 8 orang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meminta izin kepada desa setempat mengenai pelaksanan kegiatan di Dusun Watuireng serta dalam rangka memaparkan gambaran umum kegiatan HIMAMIA Mengabdi 2021. Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu Saskia Fiestika Berliana kemudian dilanjutkan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama oleh koordinator acara yaitu Lutfia Dwi Arifah. Kemudian, sambutan yang kedua oleh ketua umum Himamia yaitu Salva Sabrina Cahyani. Kemudian, sambutan yang ketiga oleh Pembin Himamia yaitu Dr. Edi Pramono SSi., M.Si. lalu, sambutan yang terakhir oleh Bayan Dusun Watuireng. Selanjutnya, dilakukan pemaparan gambaran umum kegiatan HIMAMIA Mengabdi 2021 yang disampaikan oleh Lutfia Dwi Arifah. Selanjutnya dilakukan sesi tanya jawab. Perangkat Dusun Watuireng dan perwakilan karang tarun tampak antusias yang ditandai dengan banyaknya perangkat desa yang bertanya lebih dalam terkait kegiatan himamia mengabdi 2021.

Acara selanjutnya yaitu mengenai kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan sebanyak 2 kali, kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan dengan peserta yaitu karang taruna, remaja setempat dan para orang tua. Untuk penyuluhan pertama yaitu kegiatan penyuluhan untuk remaja dilaksanakan di rumah salah satu anggota karang taruna Dusun Watuireng pada tanggal 28 Agustus 2021 pukul 15.30 WIB. Kegiatan ini berisi diskusi ringan dengan Genre Surakarta terkait transisi kehidupan remaja kemudian dilanjutkan dengan pembuatan hand sanitizer yang dipandu oleh anggota Himamia, yaitu Sandra Ananda, Agung Lucky, Vicky Ahava, Abbilah Ero, dan Roshid Adi. Kegiatan ini diikuti sekitar 23 orang yang terdiri dari anggota karang taruna serta remaja setempat dan mereka tampak antusias karena aktif menjawab pertanyaan dari Genre Surakarta, serta turut berpartisipasi aktif dalam proses pembuatan hand sanitizer. Kegiatan penyuluhan terhadap orang tua dilaksanakan di rumah salah satu warga Dusun Watuireng pada tanggal 28 Agustus 2021 pukul 19.45 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu RT 03/RW 04 yang berjumlah 38 orang. Kegiatan ini berisi diskusi ringan dengan Genre Surakarta terkait fungsi dari keluarga. Namun, warga tampak kurang antusias karena bahasa yang digunakan sulit dipahami.

Bentuk kegiatan yang selanjutnya adalah kegiatan pengajaran, kegiatan ini dilaksanakan secara offline untuk pelajar TK dan SD, dan dilaksanakan secara online untuk pelajar SMP. Kegiatan pengajaran secara online via Whatsapp Group diikuti oleh 7 pelajar SMP. Pelajar tampak kurang antusias karena jarang membalas pesan di Whatsapp Group dan memilih untuk bertanya kepada pengajar melalui personal chat. Kegiatan pengajaran secara offline dilaksanakan di Balai Desa Rejosari dan dilaksanakan sebanyak 4 kali. Kegiatan ini diikuti sekitar 30 pelajar TK dan SD. Kegiatan pengajaran ini dilakukan sebanyak 2 sesi yang mana 1 sesi adalah selama 45 menit. Pada kegiatan pengajaran ini, pelajar dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu kelompok TK, kelompok SD kelas 1-3, dan kelompok SD kelas 4-6. Kegiatan pengajaran ini selain dilaksanakan oleh panitia tetapi juga melibatkan mahasiswa kimia sebagai volunteer pengajaran. Kegiatan pengajaran ini berbeda-beda di setiap minggunya. Pengajaran pertama dilaksanakan pada 29 Agustus 2021 pukul 07.30 WIB. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu Saskia Fiestika Berliana dan Naufal Rizal Muslimin kemudian dilanjutkan dengan pengajaran sekaligus presensi pelajar. Pada sesi 1, pelajar TK belajar mengenal angka dan huruf dengan kartu, pelajar SD kelas 1- mengenal kembali huruf kemudian belajar membaca cerita lalu dijelaskan tokoh, watak tokoh, dan makna yang dapat diambil, kemudian pelajar SD kelas 4-6 belajar materi sekolah. Pada sesi 2, pelajar TK bermain berbagai permainan anak dan belajar suara-suara hewan, pelajar SD kelas 1-3 bermain berbagai permainan anak dan tanya jawab terkait cerita pada sesi 1, lalu pelajar SD kelas 4-6 melakukan lomba teka teki silang. Semua pelajar tampak aktif dalam kegiatan pengajaran. Namun, kegiatan ini berjalan kurang kondusif karena pelajar SD kelas 4-6 menggunakan mikrofon sehingga suaranya mengganggu fokus pelajar TK dan pelajar SD kelas 1-3.

Kegiatan pengajaran yang kedua dilaksanakan pada tanggal 5 September 2021 pukul 08.00 WIB. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu Damacasta Ardeliapthda dan Sevi Ema kemudian dilanjutkan dengan pengajaran sesuai kelompok dan presensi pelajar. Pada sesi 1, pelajar TK belajar angka, huruf, dan warna serta bermain tebak gaya, tebak suara hewan, dan sambung lagu anak. Pelajar SD kelas 1-3 belajar angka, huruf, dan warna dalam bahasa inggris, bermain tebak gaya, dan belajar lagu wajib nasional. Sedangkan, pelajar SD kelas 4-6 belajar bersama Genre Surakarta terkait materi sekolah dan bermain ular tangga dengan pelajar sebagai pionnya. Pada sesi 2, seluruh pelajar TK maupun SD membuat kerajinan bunga dari tali, kertas, dan cat air. Seluruh siswa tampak antusias dengan bentuk bunga yang bermacam-macam. Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama dan menunjukkan hasil kerajinan bunga oleh pelajar.

Kegiatan pengajaran yang ketiga dilaksanakan pada tanggal 12 September 2021 pukul 08.00 WIB. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, yaitu Saskia Fiestika Berliana dan Naufal Rizal Muslimin kemudian dilanjut pengajaran bersama kelompok dan presensi pelajar. Pada sesi 1, pelajar TK belajar menggambar, mewarnai, dan mengenal warna. Pelajar SD kelas 1-3 belajar membaca, menulis, mengeja kata, dan perkenalan dengan Bahasa Inggris. Sedangkan, pelajar SD kelas 4-6 belajar tentang materi sekolah. Kegiatan pengajaran pada sesi 2 adalah percobaan kimia sederhana yaitu percobaan Lava Lamp yang dipandu oleh Roshid Adi Nugroho dan Mayzy Vanesia Insani. Pelajar tampak sangat antusias mengikuti setiap panduan dan tertarik pada reaksi yang terjadi serta aktif menjawab pertanyaan dari pemandu.

Kegiatan pengajaran yang terakhir dilaksanakan pada tanggal 19 September 2021 pukul 08.00 WIB. Acara dimulai dengan pembukaan oleh MC, yaitu Abbilah Ero Mahdhani dan Mayzy Vanesia Insani. Pada kegiatan pengajaran sesi 1, seluruh pelajar menonton video motivasi tentang pembelajaran secara online dan pentingnya adab sebelum ilmu. Seluruh pelajar tampak fokus menonton video tersebut dan aktif menjawab pertanyaan dari MC terkait video yang telah di tayangkan. Pada kegiatan pengajaran sesi 2, seluruh pelajar membuat kerajinan bunga dari barang bekas. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan menunjukkan hasil karya pelajar.

Pada tanggal 19 September 2021, setelah melakukan kegiatan pengajaran terdapat acara selanjutnya yaitu acara penutupan kegiatan HIMAMIA Mengabdi. Kegiatan ini yang diikuti oleh perangkat desa di Dusun Watuireng. Kegiatan ini dimulai pada pukul 10.30 dengan pembukaan oleh MC, yaitu Siska Dian Novita dan Saskia Fiestika Berliana. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama oleh ketua panitia HIMAMIA Mengabdi, yaitu Widyan Muhammad Naufal. Sambutan yang kedua oleh ketua umum Himamia, yaitu Salva Sabrina. Sambutan yang ketiga oleh Kepala Program Studi Kimia S1 FMIPA UNS, yaitu Dr. Abu Masykur S.Si., M.Si. kemudian, sambutan yang terakhir oleh Bayan Dusun Watuireng. Selanjutnya, penyerahan kenang-kenangan untuk Dusun Watuireng yang diserahkan oleh ketua panitia kepada Bayan.

Kegiatan terakhir yaitu pembagian sembako, kegiatan ini dilakukan dengan bekerjasama dengan anggota karang taruna Dusun Watuireng. Kegiatan ini dilaksanakan pada 19 September 2021 pukul 12.30 WIB. Anggota himamia bersama anggota karang taruna mengantarkan sembako ke rumah warga yang kurang mampu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *