[PRESS RELEASE] NATIONAL SCIENTIFIC ESSAY COMPETITION (NSEC) HIMAMIA 2021

Acara National Scientific Essay Competition (NSEC) pada tahun ini diawali dengan kegiatan K3 (Kelompok Kajian Ilmiah dan Kepenulisan) road to NSEC yang merupakan kegiatan pelatihan kepenulisan yang memberikan bekal pengetahuan, tips, dan trik dalam membuat esai dengan tujuan mempersiapkan peserta untuk berkompetisi pada lomba esai nasional. Tema besar yang diangkat adalah “Berani Menulis, Berani Mencipta” dengan empat sub tema yang berbeda pada setiap harinya. Kegiatan K3 road to NSEC ini dilaksanakan selama empat hari, yaitu pada tanggal 17 dan 18 Juli 2021 serta tanggal 24 dan 25 Juli 2021. Kegiatan K3 dilaksanakan melalui dua media, yaitu Zoom Meeting dan streaming melalui YouTube channel Himpunan Mahasiswa Kimia UNS.

Rangkaian kegiatan K3 road to NSEC pada hari pertama Sabtu, 17 Juli 2021 mengangkat subtema “Sharing Pengalaman Kepenulisan” dengan pemateri, Ozi Adi Saputra, S.Si., M.Si (alumni Kimia UNS). Kegiatan diawali dengan persiapan pada pukul 08.00 – 08.28 WIB dengan memberikan arahan kepada peserta melalui grup WhatsApp dan follow up kesiapan acara oleh panitia. Kemudian, acara dibuka oleh MC pada pukul 08.28 – 08.40 WIB. Acara selanjutnya, yaitu sambutan oleh Ketua Panitia, yang diwakilkan oleh Qosrul Karimah, pukul 08.40 – 08.45 WIB dan Ketua Umum HIMAMIA, Salva Sabrina Cahyani, pukul 08.45 – 08.50 WIB. Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan pembacaan CV pemateri oleh MC pada pukul 08.50 – 08.55 WIB. Setelah itu, pukul 08.55 – 09.46 WIB pemateri, Ozi Adi Saputra S.Si, M.Si., menyampaikan materi dengan mendiskusikan tentang pengalamannya dalam kepenulisan esai mulai dari hambatan yang dilalui saat membuat esai serta cara mengatasi hal-hal tersebut hingga pengalamannya dapat memberikan bekal di masa depan. Setelah penyampaian materi, dilanjutkan sesi diskusi pada pukul 09.46 – 10.00 WIB. Pada sesi ini terdapat empat penanya, dimana dua diantaranya dari Zoom Meeting, sedangkan dua lainnya dari streaming YouTube. Dua penanya dari Zoom Meeting, yaitu Dava Pradana dari Universitas Negeri Malang dan Rizqullah Ramadhan dari SMA Negeri 7 Jakarta, sedangkan dua lainnya dari streaming YouTube, yaitu Alsela dan Sri Utami dari Universitas Brawijaya. Acara yang selanjutnya adalah penutupan pada pukul 10.00 WIB. Serangkaian acara penutupan diawali dengan presensi peserta, pemberian sertifikat pemateri yang dilanjutkan dengan dokumentasi, dan ditutup oleh MC pada pukul 10.05 WIB. Jumlah peserta yang mengikuti pada pelatihan hari pertama ini sebanyak 898 peserta.

Rangkaian kegiatan K3 road to NSEC pada hari kedua Minggu, 18 Juli 2021 mengangkat subtema “Strategi Mencari dan Mengubah Ide menjadi Kepenulisan Esai” dengan pemateri, Jeesica Hermayanti Pratama (mahasiswa Kimia UNS). Kegiatan diawali dengan persiapan pada pukul 07.30 – 08.05 WIB dengan memberikan arahan kepada peserta melalui grup WhatsApp dan follow up kesiapan acara oleh panitia. Kemudian, acara dibuka oleh MC pada pukul 08.30 – 08.35 WIB. Acara dilanjutkan dengan pembacaan CV pemateri oleh MC pada pukul 08.35 – 08.40 WIB. Setelah itu, pukul 08.40 – 09.32 WIB pemateri, Jeesica Hermayanti Pratama, menyampaikan materi dengan mendiskusikan tentang cara memunculkan dan mengembangkan ide untuk dijadikan suatu karya esai yang siap untuk dipublikasikan. Setelah penyampaian materi, dilanjutkan sesi diskusi pada pukul 09.32 – 09.50 WIB. Pada sesi ini terdapat tujuh penanya, dimana empat diantaranya dari Zoom Meeting, sedangkan tiga lainnya dari streaming YouTube. Empat penanya dari Zoom Meeting, yaitu Adam dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Karima Nur Faiqoha dari Politeknik Negeri Malang, Aulia Nabil dari Institut Pertanian Bogor, dan M. Daffa Pradana dari Universitas Negeri Malang, sedangkan tiga lainnya dari streaming YouTube, yaitu Nadia Maharani yang berasal dari SMA Negeri 1 Baturetno, Siti Alawiah dari Universitas Nusa Cendana, dan Rahmat Rayansha dari Universitas Brawijaya. Acara yang selanjutnya adalah penutupan pada pukul 09.50 – 10.00 WIB. Serangkaian acara penutupan diawali dengan presensi peserta, pemberian sertifikat pemateri yang dilanjutkan dengan dokumentasi, dan ditutup oleh MC pada pukul 10.00 WIB. Jumlah peserta yang mengikuti pada pertemuan ini sebanyak 808 peserta.

Rangkaian kegiatan K3 road to NSEC pada hari ketiga Sabtu, 24 Juli 2021 mengangkat subtema “Bedah Struktur Kepenulisan Esai” dengan pemateri, Millenia Trias Puspa Rukmi (mahasiswi Kimia UNS). Kegiatan diawali dengan persiapan pada pukul 08.00 – 08.30 WIB dengan memberikan arahan kepada peserta melalui grup WhatsApp dan follow up kesiapan acara oleh panitia. Kemudian, acara dibuka oleh MC pada pukul 08.30 – 08.38 WIB. Acara dilanjutkan dengan pembacaan CV pemateri oleh MC pada pukul 08.38 – 08.40 WIB. Setelah itu, pukul 08.40 – 09.35 WIB pemateri, Millenia Trias Puspa Rukmi, menyampaikan materi dengan mendiskusikan tentang karakteristik esai, perbedaan esai dengan karya tulis lain, serta struktur esai. Setelah penyampaian materi, dilanjutkan sesi diskusi pada pukul 09.35 – 10.01 WIB. Pada sesi ini terdapat empat penanya, dimana dua diantaranya dari Zoom Meeting, sedangkan dua lainnya dari streaming YouTube. Dua penanya dari Zoom Meeting, yaitu M. Daffa dari Universitas Negeri Malang dan Sherina dari Universitas Sam Ratulangi, sedangkan dua lainnya dari streaming YouTube, yaitu Nur Aziz dari Universitas Gadjah Mada dan Tanti dari SMK Analis Kimia. Acara yang selanjutnya adalah penutupan pada pukul 10.01 WIB. Serangkaian acara penutupan diawali dengan presensi peserta, pemberian sertifikat oleh pemateri yang dilanjutkan dengan dokumentasi, dan ditutup oleh MC pada pukul 10.10 WIB. Jumlah peserta yang mengikuti pada pertemuan ini sebanyak 634 peserta.

Rangkaian kegiatan K3 road to NSEC pada hari keempat Minggu, 25 Juli 2021 mengangkat subtema “Kiat-Kiat Sukses dalam Mengikuti Lomba Esai” dengan pemateri, Yochidamai Akhsanitaqwim, S.Si (alumni Biologi UNS). Kegiatan diawali dengan briefing panitia pada pukul 07.45 – 08.00 WIB yang dilanjutkan persiapan acara dengan pemberian arahan kepada peserta melalui grup WhatsApp dan follow up kesiapan acara oleh panitia pada pukul 08.00 – 08.30 WIB. Kemudian, acara dibuka oleh MC pada pukul 08.30 – 08.33 WIB. Acara dilanjutkan dengan pembacaan CV pemateri oleh MC pada pukul 08.33 – 08.38 WIB. Setelah itu, pukul 08.38 – 09.36 pemateri, Yochidamai Akhsanitaqwim, S.Si., menyampaikan materi dengan mendiskusikan tentang cara-cara menulis esai dengan baik dan benar hingga strategi presentasi yang menarik sehingga dapat mendorong untuk sukses dalam mengikuti lomba esai. Setelah penyampaian materi, dilanjutkan sesi diskusi pada pukul 09.36 – 09.50 WIB. Pada sesi ini terdapat empat penanya, dimana dua diantaranya dari Zoom Meeting, sedangkan dua lainnya dari streaming YouTube. Dua penanya dari Zoom Meeting, yaitu Jihan Shafa Salsabila yang berasal dari Universitas Sebelas Maret dan Elva yang berasal dari Universitas Negeri Malang, sedangkan dua lainnya dari streaming YouTube, yaitu Nadia yang berasal dari Universitas Diponegoro dan Alifia Maulin yang berasal dari Universitas Mataram. Acara yang selanjutnya adalah penutupan. Acara dilanjutkan dengan kuis sekaligus presensi menggunakan media Google Form pada pukul 09.50 – 10.20 WIB. Kemudian, memasuki acara ice breaking sebagai jeda acara sembari menilai kuis dan menyiapkan PPT pengumuman pemenang yang selanjutnya diumumkan dan diberikan penghargaan pada pukul 10.30 – 10.40 WIB. Acara selanjutnya adalah penutup dengan dokumentasi dan ditutup oleh MC pada pukul 10.40 – 10.50 WIB. Jumlah peserta yang mengikuti pada pertemuan ini sebanyak 676 peserta.

Setelah kegiatan K3 (Kelompok Kajian Ilmiah dan Kepenulisan) road to NSEC selesai, kemudian dilanjutkan dengan acara rangkaian puncak NSEC yang dilaksanakan selama 2 hari. Pada hari pertama, yaitu Sabtu, 18 September 2021 dibuka dengan presentasi karya tulis dari 10 besar finalis mahasiswa dan 10 besar finalis pelajar. Pada pelaksanaannya terbagi menjadi dua room Zoom Meeting. Pada Zoom Meeting mahasiswa sebanyak 10 finalis mahasiswa yang terdiri dari nomor urut 1-10 secara berurutan yaitu Agung Lucky Pradita dari Universitas Sebelas Maret, Surapati dari Universitas Diponegoro, Ulat Grapyak dari Universitas Sebelas Maret, Quartz dari Universitas Indonesia, Plastikuteam dari Universitas Brawijaya, MindMed Dev dari Universitas Sebelas Maret, Energizen dari Universitas Sebelas Maret, Rahmi Nugraningrum dari Universitas Airlangga, Isangplast dari Universitas Negeri Semarang, dan Mandrea Nora dari Universitas Gadjah Mada. Adapun juri untuk finalis mahasiswa yaitu Dr. Edi Pramono, S.Si., M.Si, Dr.rer.nat. Fajar Rakhman Wibowo, S.Si., M.Si, dan Dr.Agr.Sc. Ernoiz Antriyandarti, S.P., M.P., M.Ec. Akan tetapi, Bu Ernoiz berhalangan hadir dikarenakan suatu hal namun tetap memberikan penilaian dengan melihat rekaman video presentasi finalis.

Presentasi finalis mahasiswa diawali pembukaan oleh MC yaitu Saskia Fiestika Berliana pukul 07.55 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan CV para juri yang ditampilkan oleh sie logistik. Setelah itu, pukul 08.01 – 08.03 WIB pembacaan tata tertib oleh MC.

Pelaksanaan presentasi dan tanya jawab oleh finalis dipimpin oleh MC dengan waktu presentasi 15 menit dan tanya jawab 10 menit. Presentasi pertama pukul 08.03 – 08.14 WIB oleh Agung Lucky Pradita dari Universitas Sebelas Maret dan dilanjutkan tanya jawab oleh juri pukul 08.15 – 08.25 WIB. Presentasi finalis pertama memakan waktu 11 menit. Selanjutnya, presentasi kedua pukul 08.26 – 08.40 WIB oleh Surapati dari Universitas Diponegoro dan dilanjutkan tanya jawab oleh juri pukul 08.40 – 08.50. Presentasi finalis kedua memakan waktu 14 menit. Kemudian dilanjutkan presentasi finalis ketiga yang memakan waktu 14 menit dari pukul 08.50 – 09.04 WIB oleh Ulat Grapyak dari Universitas Sebelas Maret dan dilanjutkan tanya jawab pukul 09.04 – 09.14 WIB. Presentasi keempat, pukul 09.16 – 09.29 WIB oleh Quartz dari Universitas Indonesia dan dilanjutkan tanya jawab pukul 09.32 – 09.42 WIB. Presentasi finalis keempat ini memakan waktu 13 menit. Selanjutnya, presentasi kelima pukul 09.44 – 09.54 WIB oleh Plastikuteam dari Universitas Brawijaya dan dilanjutkan tanya jawab oleh juri pukul 09.58 – 10.08 WIB. Presentasi finalis kelima memakan waktu 10 menit. Kemudian dilanjutkan presentasi keenam pukul 10.09 – 10.18 WIB oleh MindMedDev dari Universitas Sebelas Maret. Selanjutnya sesi tanya jawab oleh juri pukul 10.19 -10.29 WIB. Presentasi finalis keenam memakan waktu 9 menit. Presentasi ketujuh pukul 10.33 – 10.41 WIB oleh Energizen dari Universitas Sebelas Maret. Kemudian dilanjutkan tanya jawab oleh juri pukul 10.42 – 10.52 WIB. Presentasi finalis ketujuh memakan waktu 8 menit. Finalis dengan nomor urut delapan Rahmi Nugraningrum dari Universitas Airlangga mengundurkan diri sehingga dilanjutkan oleh finalis nomor urut sembilan, yaitu Isangplast dari Universitas Negeri Semarang. Presentasi dilakukan pukul 10.53 – 11.04 WIB dan dilanjutkan tanya jawab oleh juri pukul 11.05 -10.15 WIB. Presentasi finalis kesembilan memakan waktu 11 menit. Kemudian dilanjutkan presentasi finalis terakhir yaitu Mandrea Nora dari Universitas Gajah Mada. Presentasi dilakukan pukul 11.16 – 11.26 WIB. Kemudian dilanjutkan tanya jawab oleh juri pukul 11.26 – 11.36 WIB. Presentasi finalis terakhir memakan waktu 10 menit. Presentasi finalis rata-rata memakan waktu 10 menit sehingga waktu presentasi finalis mahasiswa lebih cepat dari rundown yang sudah dibuat dan hanya memerlukan 1 sesi saja.

Setelah itu acara dilanjutkan dengan penutupan sesi presentasi yang dipimpin oleh MC. Sebelum acara ditutup pada pukul 11.36 – 11.40 WIB dilakukan penyampaian kesan pesan dari beberapa finalis dan pemberian closing statement oleh juri. Acara berikutnya dilakukan dokumentasi pukul 11.40 – 11.42 WIB yang dipandu oleh MC. Rangkaian NSEC Day 1 Zoom presentasi finalis mahasiswa berjalan dengan lancar dan acara ditutup oleh MC pukul 11.42 – 11.44 WIB.

Kegiatan pada Zoom Meeting Pelajar dimulai pukul 07.20 yaitu pelaksanaan briefing hingga pukul 07.40 yang dipimpin oleh Qosrul Karimah dari sie kurikulum dengan mewakili ketupat karena Al Buchori sedang berada diperjalanan. Acara dimulai pukul 07.45 dengan diawali pembukaan oleh MC yaitu Salwa Aura Nindy Fathika hingga pukul 07.55. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan CV juri dimulai dari Bapak Dian Nugroho,dr.,M.Med.Ed, Ibu Teguh Endah Saraswati, dan Mbak Alifiyatul Fithri, S.Si pada pukul 07.55-08.00 yang mana masing-masing CV ditampilkan oleh sie logistik. Acara berikutnya yaitu pembukaan presentasi yang dimulai pukul 08.00 hingga 08.03 dengan MC menjelaskan teknis serta tata tertib untuk presentasi yang ditampilkan oleh sie logistik. Presentasi dimulai pukul 08.03 oleh peserta pertama, yaitu dari Manisi Team yang berasal dari MAN 1 Kota Sukabumi yang berakhir pukul 08.14 kemudian dilanjutkan tanya jawab oleh juri dari pukul 08.14 hingga 08.24. Selanjutnya presentasi kedua oleh Lunar dari MAN 2 Malang mulai pukul 08.25 sampai 08.38 kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab oleh juri pukul 08.38 hingga 08.48. Presentasi berjalan lancar dan waktu di rundown semakin maju dari rencana awal karena peserta presentasi hanya menggunakan waktu kurang dari 15 menit. Kemudian dilanjutkan oleh peserta nomor urut 3 yaitu Hikari dari SMAN 1 Badegan waktu presentasi dimulai pukul 08.49 sampai 09.04 kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab oleh juri mulai 09.04 hingga 09.14. Presentasi berjalan lancar dan waktu maju sekitar 25 menit dari rundown. Selanjutnya presentasi dari nomor urut 4 yaitu Vania Felisha Hillary Halim dari SMA Bukit Sion waktunya mulai pukul 09.15 sampai 09.28 kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab pukul 09.28 hingga 09.38. Presentasi berjalan lancar dan waktu maju sekitar 30 menit dari rundown. Kemudian dilanjutkan nomor urut 5 yaitu Komensalisme dari SMAK Santu Petrus Pontianak waktu presentasi mulai 09.39 sampai 09.49 dilanjutkan sesi tanya jawab pukul 09.49 hingga 09.59. Presentasi berjalan lancar dan waktu maju sekitar 40 menit dari rundown. Selanjutnya presentasi nomor urut 6 yaitu Alya Salma Faadhilah dari SMA N 5 Semarang mulai pukul 10.00 sampai 10.09 dilanjutkan tanya jawab mulai 10.09 sampai 10.19. Presentasi berjalan lancar dan waktu maju sekitar 50 menit dari rundown. Selanjutnya presentasi nomor urut 7 yaitu Elephant Ivory dari SMAN 1 Gadingrejo mulai pukul 10.20 sampai 10.29 dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mulai 10.29 dan berakhir pukul 10.39. Presentasi berjalan lancar dan waktu maju sekitar 60 menit dari rundown. Melihat waktu yang tersisa masih banyak maka ditawarkan kepada kelompok nomor urut 8 apakah ingin maju presentasi pukul 10.40 tetapi setelah ditanyakan oleh sie humas, kelompok nomor urut 8 tidak menyanggupi dan ditanyakan pada kelompok nomor urut 9 dan menyanggupinya. Akhirnya kelompok nomor urut 9 yaitu Velocity Team dari SMAN 2 Madiun melakukan presentasi pukul 10.41 sampai 10.51 dan dilanjutkan sesi tanya jawab mulai 10.51 hingga 11.01. Dilanjutkan ishoma 12.45. Acara kembali dibuka oleh MC pukul 12.46. Kemudian dilanjutkan presentasi nomor urut 8 yaitu Destiana Aulia Pratiwi dari MAN 1 Surakarta mulai pukul 12.49 sampai 13.04 dan dilanjutkan sesi tanya jawab oleh juri pukul 13.04 hingga 13.14. Selanjutnya presentasi nomor urut 10 yaitu Duo Kwek-Kwek dari SMAK St. Louis 1 Surabaya mulai pukul 13.15 sampai 13.27 dan dilanjutkan tanya jawab mulai 13.27 berakhir hingga 13.37.

Kegiatan presentasi dan tanya jawab pada Zoom Meeting siswa selesai dilakukan pukul 13.37 kemudian dilanjutkan dengan penutupan sesi presentasi yang dipimpin oleh Salwa Aura Nindy Fathika selaku MC. Pada penutupan presentasi dilakukan sesi pemaparan kesan pesan dari beberapa peserta dan seluruh juri NSEC, serta pemberian closing statement dari juri NSEC hingga pukul 13.42. Acara berikutnya dilakukan dokumentasi pukul 13.42 hingga 13.47 yang dipandu oleh MC. Kegiatan dokumentasi berjalan dengan lancar tetapi memerlukan waktu untuk menunggu peserta menghidupkan kamera. Rangkaian NSEC Day 1 berjalan lancar dan diakhiri dengan penutupan yang dipandu MC pukul 13.47 sampai 13.52.

Hari kedua NSEC berlangsung pada tanggal 19 September 2021 yang diisi dengan webinar oleh dua pembicara, yaitu Salman Al-Farisi S.I.P dan Dr. Revi Gama Hatta Novika, SST., M.Kes. Acara dimulai dengan briefing pukul 07.30-08.04 yang dipimpin oleh Irma Rohmatun selaku koordinator sie acara yang menggantikan ketua panitia karena telat bergabung room zoom, serta dalam pelaksanaan briefing dilakukan pula gladi bersih MC dan moderator. Pelaksanaan briefing telah sesuai rencana tetapi mundur 4 menit dikarenakan dari moderator meminta waktu tambahan untuk mempersiapkan diri. Acara dilanjutkan dengan persiapan panitia yang bertugas untuk mem-follow up kesiapan acara dana memberikan arahan kepada peserta dan pemateri untuk bergabung ke dalam Zoom Meeting pukul 08.04-08.16. Persiapan mundur 4 menit dari rundown dan terdapat peserta webinar yang terlambat untuk join. Kemudian acara dibuka pukul 08.16 oleh Salwa Aura Nindy Fatika dan Silvia Nawandini selaku MC hingga pukul 08.18. Pembukaan mundur 6 menit dikarenakan terkendala pada briefing. Selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya pukul 08.18-08.20 yang dipandu oleh MC agar peserta webinar bersikap sempurna dan sie logistik menampilkan lagu. Dikarenakan rundown mundur, waktu menyanyikan lagu Indonesia Raya juga ikut mundur 3 menit. Kemudian dilanjutkan sambutan ketua panitia NSEC 2021, Al Buchori Nur Fajar selama 5 menit dari pukul 08.20-08.25 kemudian dilanjutkan oleh sambutan ketua HIMAMIA yang diwakilkan sekretaris umum HIMAMIA, yaitu saudari Venny dari pukul 08.29 hingga 08.31. Pelaksanaannya berjalan kurang lancar dikarenakan perwakilan ketua umum HIMAMIA mengalami kendala sehingga terlambat join pada hari H. Sambutan dilanjutkan oleh Kaprodi Kimia FMIPA Universitas Sebelas Maret, yaitu Dr. Abu Masykur, S.Si., M.Si pukul 08.32-08.37 berjalan lancar tetapi terdapat kemunduran waktu selama 2 menit. Sambutan terakhir pukul 08.38-08.43 yaitu dari Dekan FMIPA Universitas Sebelas Maret yang diwakilkan oleh Wakil Dekan 1, Prof. Venty Suryanti, S.Si., M.Phil., Ph.D. berjalan lancar walaupun waktu kembali mundur 3 menit dari rundown awal. Setelah sambutan berakhir, MC mempersilahkan Inez Cosmetics yang merupakan sponsorship pada acara NSEC 2021 untuk memaparkan presentasi selama 5 menit dari pukul 08.43 hingga 08.47. Presentasi berjalan lancar dengan kemunduran waktu 3 menit dari rundown awal. Acara selanjutnya pada pukul 08.48-08.52 adalah pembacaan CV moderator yang dipimpin oleh MC kemudian acara diambil alih oleh Khoirun Nisa Ashar selaku moderator dan memperkenalkan diri, memperkenalkan pembicara secara umum, serta membacakan tata tertib webinar. Rundown maju dari waktu yang diestimasikan sehingga pembacaan tata tertib dapat selesai lebih awal.

Acara dilanjutkan dengan pelaksanaan webinar 1 dengan tema “Inovasi Sains dan Teknologi sebagai Strategi Penanggulangan Permasalahan Lingkungan” yang disampaikan oleh Muhammad Salman Al-Farisi, S.I.P. Pelaksanaan dimulai dengan pembacaan CV pembicara 1 pukul 08.52-08.55 lalu diikuti dengan penyampaian materi dari pukul 08.55-09.50 dan tanya jawab pukul 09.50-10.07. Penyampaian tanya jawab dicatat oleh sekretaris sebagai notulensi webinar. Webinar sesi pertama diakhiri dengan dokumentasi diiringi dengan penyerahan sertifikat dari HIMAMIA kepada pembicara 1 yang dipimpin oleh moderator selama 1 menit, pukul 10.07-10.08. Terdapat tambahan waktu pada sesi tanya jawab yang awalnya hanya 10 menit menjadi bertambah 7 menit sehingga berakibat waktu untuk sesi dokumentasi mundur dari rundown awal.

Acara selanjutnya yaitu webinar sesi 2 dengan tema “Pelaksanaan Vaksinasi dan Gaya Hidup Sehat dalam Upaya Penanggulangan Covid-19” yang akan disampaikan oleh Dr. Revi Gama Hatta Novika, SST., M.Kes. Pelaksanaan diawali dengan pembacaan CV pembicara 2 oleh moderator pada pukul 10.08-10.09 lalu dilanjutkan penyampaian materi pukul 10.09-10.57 dan diikuti oleh sesi tanya jawab pukul 10.57-11.09. Penyampaian tanya jawab dicatat oleh sekretaris sebagai notulensi webinar. Webinar 2 diakhiri dengan dokumentasi berupa penyerahan sertifikat dari HIMAMIA kepada pembicara 2 dipimpin oleh moderator pada pukul 11.09-11.11. Rundown sebelumnya mundur sehingga pembacaan CV webinar sesi 2 juga mundur, tetapi secara keseluruhan acara berjalan lancar. Dilanjutkan ISHOMA pada pukul 11.13-12.30 mundur 3 menit dari rundown. Selanjutnya persiapan pukul 12.30-12.45 oleh MC dan berjalan lancar sesuai rundown. Pembukaan oleh MC pukul 12.45-12.45 membuat rundown maju 5 menit. Acara selanjutnya yaitu ice breaking yang dipandu oleh MC dan berjalan dengan lancar. Acara berikutnya yaitu pengumuman pemenang mulai pukul 13.00-13.11 yang juga berjalan dengan lancar tetapi rundown mundur 1 menit. Dilanjutkan sesi dokumentasi mulai pukul 13.11-13.12. Kemudian memasuki acara terakhir yaitu penutupan oleh MC dari pukul 13.13-13.14. Penutupan berjalan dengan lancar dan waktu maju 6 menit dari rundown awal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *